Minggu, 19 Maret 2017

Prak 03 – Secondary Assets, Logo Movement, F-Curves

1. Tujuan

Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.

2. Alat

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16

3. Bahan

-hasil praktikum sebelumnya

-asset sekunder download

4. Dasar Teori



  •   Fungsi Secondary Assets

Secondary Assets dapat digunakan sebagai objek yang dianimasikan secara berbeda dengan animasi atau pergerakan objek utama meskipun objek utama dan objek secondary assets merupakan objek yang mempunyai bentuk yang sama.


  • ·      Fungsi F-Curves

F-Curves berfungsi sebagai pengatur cepat lambatnya pergerakan animasi. Dengan menggunakan F-Curves, pergerakan kecepatan animasi dapat diatur secara otomatis tanpa mengatur pada timeline. Kelebihan dari F-Curves juga adalah kita dapat mengatur F-Curves dari masing-masing objek, bahkan juga bisa mengatur F-Curves dari masing-masing part atau bagian dalam satu objek.
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:


  1. Tambahkan secondary Assets
  2. Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
  3. Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves

6. Petunjuk Praktikum

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum

-Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path
-Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo)
-Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves


7. Hasil praktikum

berikut hasil record praktikum saya:




berikut hasil praktikum saya




8. Kesimpulan

Dalam praktikum kali ini saya mengalami banyak kesulitan.  Mulai dari bagaimana cara membuat helix yang sesuai sampai bagaimana mengatur letaknya dengan baik. Saya mulai sedikit bingung ketika pada tahap ke 2, yakni pada penambahan kompleksitas gerakan aset utama dimana saat kita memfokuskan titik axis sehingga bisa berada di titik tengah. Pada tahap ke 3, yakni memperhalus gerakan F-Curves kita akan melihat bahwa pada tahap ini akan lebih halus  dengan pergerakan dari yang mulai cepat hingga pada khirnya akan sedikit lambat. Alhamdulilah  dengan doa dan usaha akhirnya praktikum tiga bisa saya selesaikan dengan baik. Menurut saya, kalau kita mau berusaha hasilnya akan nampak.

9. referensi

Logo Animation in Cinema 4D and After Effects

Tidak ada komentar:

Posting Komentar